Wednesday, July 11, 2007

DUKUNG KECAMATAN SALATIGA

Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas baru saja dimekarkan. Kecamatan hasil pemekaran Salatiga, rencananya pada 12 Juli mendatang akan diresmikan.

"Kami sangat bersyukur karena cita-cita untuk memiliki kecamatan sendiri terwujud. Kami sangat berharap kecamatan baru ini, bisa lebih memajukan pembangunan, terutama infrastruktur," kata Kepala Desa Parit Baru Aswandi, Minggu (1/7).

Ia mengungkapkan itu ketika menghadiri majelis tarub di Dusun Parit Jawa. Hadir juga dalam acara itu kandidat Gubernur Kalbar HM Akil Mochtar SH MH.

Ia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kecamatan baru, dengan lima desa itu: Parit Baru, Salatiga, Serumpun, Serunai, dan Mak Minat.

Akil datang ke Desa Parit Baru memenuhi undangan warga yang telah lama ingin bersilaturahmi dengannya. Keinginan itu terwujud begitu Akil menyanggupi kehadirannya. Tak heran, jika animo masyarakat begitu tinggi untuk menghadiri pertemuan yang digelar secara sederhana tersebut.

"Saya dukung sepenuhnya pembentukan kecamatan baru. Ini bentuk keinginan yang kuat dari masyarakat untuk maju. Untuk membangun wilayahnya sehingga tidak tertinggal dari daerah lain," ujar Anggota DPR RI asal Kalbar tersebut.

Silaturahmi yang digelar secara sederhana itu dihadiri sejumlah kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat Kabuapten Sambas, dan ratusan warga yang berdomisili di wilayah Kecamatan Salatiga tersebut.

Ia berharap, pemerintahan yang baru itu bisa lebih mempercepat proses pembangunan dan pelayanan masyarakatnya. "Kalau tidak lebih baik, maka pembentukan kecamatan baru itu gagal. Dan ini tidak boleh terjadi," katanya.

Tentu saja, lanjut Anggota Komisi III DPR RI itu, nanti dana pembangunannya jauh lebih besar dibandingkan sebelum pemekaran. Sehingga pembangunan di daerah itu bisa berjalan lancar dan cepat berkembang.

"Para pemimpin kecamatan yang baru nantinya harus mampu memberikan pelayanan publik secara maksimal kepada masyarakatnya," ungkap Akil. Tak hanya itu, perbaikan infrastruktur jalan juga bisa dipercepat, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat.

"Saya kira, lima tahun mendatang, Kecamatan Salatiga ini bisa berkembang lebih cepat. Tentu saja dengan komitmen seluruh masyarakat dan para pemimpinnya," kata Akil yang akan berpasangan dengan Drs AR Mecer, Ketua Konsorsium Pancur Kasih. (mnk*)

No comments: