Wednesday, July 11, 2007

AJAK PEREMPUAN MEMBANGUN

Anggota DPR RI asal Kalimantan Barat HM Akil Mochtar SH MH mengajak kaum perempuan terlibat langsung dalam proses pembangunan di daerah ini.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri dzikir yang dilaksanakan oleh Persatuan Majelis Dzikir Assafira di Istiqbal, Kelurahan Sekip Lama, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang, belum lama ini.

"Perempuan haruslah menjadi tokoh sentral dalam proses pembangunan. Sudah bukan saatnya kaum perempuan menjadi penonton," kata Akil yang juga kandidat kuat Gubernur Kalbar tersebut.

Menurut Akil yang akan berpasangan dengan Drs AR Mecer, Ketua Konsorsium Pancur Kasih mengatakan, perempuan harus menjadi kekuatan utama dalam pembangunan daerah.

"Perempuan sangat dekat dengan proses kehidupan keluarga. Pengetahuan yang cukup dari perempuan terutama terhadap kesehatan menjadi modal utama," kata Anggota Komisi III DPR RI tersebut.

Di sisi lain, kata Akil, banyak perempuan di Kalbar menjadi penopang, terutama bagi kehidupan ekonomi keluarga. Karena itu, kaum perempuan harus diberikan ketrampilan khusus melalui pendidikan informal. "Tentu saja yang memiliki basis pengetahuan praktis. Seperti home industri yang didominasi kaum perempuan," tegas Akil.

Akil yang diusung Koalisi Rakyat Kalbar Bersatu (KRKB) ini mengatakan, perkumpulan kaum ibu yang punya dimensi seperti Majelis Dzikir perlu dikembangkan.

Disamping meningkatkan kualitas iman, kaum ibu juga mendapat pengetahuan praktis. Apalagi jika mereka menghadirkan orang-orang yang punya kemampuan dan kualitas hidup yang baik.

"Terlebih lagi, jika kelompok seperti itu bisa menghadirkan tokoh pemimpin di daerah ini, sehingga mempermudah jalinan komunikasi dua arah dalam merencanakan konsepsi pembangunan. Sehingga para ibu bisa mengerti dasar pembangunan di Kalbar," ujar Akil. (mnk)

No comments: