Wednesday, July 25, 2007

BUKA SEPAKBOLA WANITA

Hujan deras yang mengguyur lapangan sepakbola di Pemangkat, tak menyurutkan langkah warga untuk bertemu langsung dengan HM Akil Mochtar SH MH. Kandidat Gubernur Kalbar ini datang untuk membuka pertandingan sepakbola wanita se-Kabupaten Sambas.

Pada partai pembuka itu, kesebelasan Karang Laut bertemu dengan Perum Penjajab. Pertandingan berlangsung di bawah guyuran hujan deras. Walau begitu, animo warga untuk menonton tidak sirna. Apalagi mereka bisa bertemu langsung dengan sosok yang populer di Sambas: Akil Mochtar.

Di depan publik Pemangkat yang memadati lapangan, Akil mengajak untuk mengembangkan dunia sepakbola wanita di daerah ini. Sebab sepakbola wanita sudah diakui oleh dunia.

"Semangat kekompakan dalam sepakbola hendaknya menjadi cermin bagi kita untuk membangun Kalbar ke depan. Kerja sama antarpemain sangat penting untuk membangun kekuatan, sehingga bisa meraih kemenangan," katanya.

Akil yang ditemani istrinya, Ny Ratu Rita memberi respon positif bagi kreativitas warga dalam melaksanakan pertandingan tersebut. Hadir juga dalam pembukaan itu, Sesepuh masyarakat Sambas H Munzir Rambi, para pemuka masyarakat lainnya, juga aparatur pemerintahan.

"Mungkin saja, ada pesepakbola wanita yang berkualitas dari Sambas, yang bisa bermain di kancah profesional yang lebih tinggi. Nah, ajang pertandingan ini juga bagi dari mengasah kemampuan para wanita dalam bermain sepakbola," ungkapnya.

Usai berpidato, Akil didaulat warga untuk menendang bola pertama. Walau hujan turun, Akil turun ke lapangan yang menganak danau karena hujan deras. Begitu bola ditendang, aplaus panjang dari warga pun terdengar.

Tendangan pertama dari pria yang akan berpasangan dengan AR Mecer dalam pilkada mendatang itu menandakan dibukanya perhelatan yang diikuti sekitar 18 klub tersebut. "Ini bagian dari kreativitas warga yang harus didukung. Kreativitas ini sangat membantu dalam membangun kekuatan sepakbola wanita di daerah," katanya.

Pertandingan perdana itu harus ditunda dengan skor 1-0 untuk Karang Laut, karena lapangan tergenang air. "Pertandingan akan dilanjutkan hari berikutnya," kata seorang panitia. (mnk*)

No comments: