Wednesday, October 3, 2007

Akil Mochtar Akan Hadiri Seminar Pendidikan STAIN

Borneo Tribune, 3 Oktober 2007


Calon gubernur Kalbar, HM Akil Mochtar, MH mengatakan akan menghadiri seminar pendidikan Islam di Kalimantan Barat menurut perspektif calon pemimpin Kalbar yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAIN Pontianak, Sabtu 6 Oktober mendatang.


“Alhamdulillah Bapak Akil Mochtar sudah menyatakan kepastiannya hadir dalam seminar itu,” kata Edi Kurnanto, M.Pd, Panitia Seminar dalam releasenya kemarin.


Menurut Edi kepastian hadirnya Akil Mochtar dalam seminar ini disampaikan langsung kepada panitia ketika menerima surat permohonan menjadi pembicara beberapa hari lalu.


“Kami, panitia, menyampaikan penghargaan atas kesediaan beliau,” tambahnya.


Sementara itu mengenai dua calon lain yang diminta tampil dalam seminar itu yakni calon Nomor 1 Usman Ja’far dan calon Nomor 2 Oesman Sapta belum memberikan konfirmasinya, sekalipun surat sudah diserahkan beberapa waktu lalu. “Kita akan hubungi lagi mereka, apakah bersedia atau tidak berbicara di dalam seminar itu,” ungkap Edi.


“Tetapi kita berharap mereka bersedia meluangkan waktunya datang ke kampus. Sekaligus untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki perhatian pada pengembangan pendidikan, seperti yang dikatakan kepada publik selama ini,” tambahnya.


Dikatakan Edi, seminar yang menampilkan calon pemimpin Kalbar ini akan diikuti oleh civitas akademika STAIN Pontianak, para guru agama Islam, dan pengurus organisasi Islam. Jumlah peserta diperkirakan lebih 100 orang.


Edi juga mengingatkan calon kandidat tidak perlu merasa khawatir jika tampil di forum itu karena forum diselenggarakan bukan untuk menguji pandangan dan pendapat, apalagi untuk mendebat.


“Kita ingin orang mendengar pandangan calon pemimpin mereka mengenai pendidikan Islam –khususnya pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan budi pekerti. Bukan untuk mendebat,” katanya.


Para calon akan ditampil secara terpisah dalam tiga sesi. Maksudnya agar setiap orang bisa mengungkapkan pandangan dan pendapatnya secara lebih mendalam. Pada gilirannya setiap peserta seminar mendapat wawasan mengenai pendidikan agama Islam, sekaligus memiliki bahan untuk pertimbangan pada saat pemilihan 15 November kelak.


Seminar Pendidikan Islam di Kalimantan Barat dari Perspektif Calon Pemimpin Kalbar adalah seminar ke-6 yang diselenggarakan dalam rangka Seminar Satu Dasawarsa STAIN Pontianak (1997-2007).


Sebelumnya sudah dilaksanakan seminar Sumbangan UKM Terhadap Perkembangan STAIN Pontianak, Pengabdian pada Masyarakat STAIN Pontianak, Sejarah Islam di Kalimantan Barat, 10 Tahun Program Studi dan Jurusan di STAIN Pontianak, Pendidikan Islam di Kalbar. Bahan-bahan seminar akan diterbitkan dalam bentuk buku yang akan diluncurkan pada puncak peringatan 10 Tahun STAIN Pontianak akhir tahun ini. (Release Panitia Seminar).

No comments: