Thursday, August 23, 2007

Maju Bersama Ekonomi Kerakyatan

Kuala Behe,- Tingkat pendapatan masyarakat di Kalimantan Barat cenderung mengalami penurunan. Pemberdayaan ekonomi yang berbasis kerakyatan diyakini bisa menjadi solusinya.

Anggota DPR RI asal Kalbar, HM Akil Mochtar SH MH mengungkapkan hal itu ketika mengunjungi pasar rakyat di Kuala Behe, beberapa waktu lalu. Ia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang dengan pedagang kebutuhan rumah tangga.

Sebelum berkunjung ke pasar itu, Akil bersama calon wakilnya, AR Mecer bersilaturahmi dengan masyarakat di Nurul Iman. "Pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan sangat penting. Sebab penghasilan masyarakat sudah semakin menurun," katanya.

Ratusan warga hadir dalam pertemuan tersebut. Beberapa di antara warga itu merupakan anggota Credit Union (CU), sebuah lembaga yang konsen dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Mendaftar di KPUD

Sementara itu, Selasa (21/8), pasangan Akil Mochtar dan AR Mecer telah mendaftarkan diri di KPUD Kalbar. Mereka menjadi pasangan pertama yang mendaftar setelah masa pendaftaran dibuka secara resmi oleh penyelenggara pilkada tersebut.

"Pendaftaran ini buka kalau kami sangat serius maju dalam pilkada. Pendaftaran ini juga mematahkan spekulasi dan rumors yang beredar kalau koalisi partai pengusung telah terpecah," ujar Akil dalam jumpa persnya, kemarin.

"Hari ini (kemarin, red), sebuah sejarah telah tercatat yang tidak bisa dibantah. Sehingga harapan dan cita-cita masyarakat Kalbar akan perubahan akan menjadi kenyataan dengan mencari pemimpin yang baru," tambahnya.

Dalam pendaftaran kemarin, Akil-Mecer diiringi sekitar 1.000 massa. Mereka bergerak dari sekretariat Akil Mochtar Centre (AMC) di Jalan Trunojoyo, Pontianak. Menggunakan kendaraan roda dua, iring-iringan itu mengawal sebuah mobil yang membawa pasangan Akil-Mecer.

Mereka mengenakan kaos bergambarkan Akil-Mecer dengan moto, satukan langkah lakukan perubahan. Semua pimpinan partai politik pengusung turut menghadiri pendaftaran tersebut.

"Hari ini, kami dari gabungan delapan partai politik peserta pemilu 2004 secara resmi mengajukan dan mendaftarkan pasangan Akil Mochtar dan AR Mecer sebagai calon kepala daerah dan wakilnya," kata Ketua Koalisi Rakyat Kalbar Bersatu Silvanus Sungkalang di hadapan wartawan, kemarin.

Delapan partai tersebut: PPDK, PPDI, PNBK, PBB, PKPI, PSI, Pelopor, dan PPNUI. Mereka sepakat mengusung Akil-Mecer karena memiliki kesamaan visi dan misi dalam membangun Kalbar pada lima tahun mendatang. (mnk)

No comments: