Monday, September 25, 2006

Politisi Jakarta Terjun di Pilkada Kalimantan Barat

25/09/2007 10:06

Liputan6.com, Pontianak: Tren politisi Jakarta turun ke daerah mengikuti perhelatan pemilihan kepala daerah terus terjadi. Anggota Fraksi Partai Golongan Karya di DPR, Akil Mochtar dipastikan berpartisipasi pada Pilkada Kalimantan Barat yang akan digelar 15 November mendatang.

Akil menggandeng A.R. Mecer sebagai calon wakil gubernur. Komisi Pemilihan Umum Kalbar menempatkan mereka di nomor urut tiga.

Ikut juga memanaskan politik lokal di Kalbar, Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Persatuan Daerah (PPD) yang gagal mendulang minimum threshold sehingga tak dapat berpartisipasi dalam pemilihan umum 2009. Oesman berduet dengan Ignatius Liyong diusung Partai Demokrat. Oesman-Liyong mendapatkan nomor urut dua.

Pilkada Kalbar diikuti empat pasangan calon. Selain dua pasangan di atas, Usman Ja`far dan Lorentius Herman Kadir, gubernur dan wakil gubernur yang masih menjabat kembali bersaing memperebutkan tampuk kekuasaan tertinggi di provinsi khatulistiwa tersebut. Usman-Kadir yang dicalonkan koalisi Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Amanat Nasional mendapat nomor urut satu.

Pasangan lain adalah Cornelis-Chistiandi Sanjaya yang berada di nomor urut empat, didapuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. KPU Kalbar menetapkan tanggal 29 Oktober mendatang sebagai awal masa kampanye. (SAM/Amien Alkadrie)

No comments: