Tuesday, July 4, 2006

DPR MINTA KOMISI YUDISIAL EVALUASI KINERJANYA

04-Juli-2006 11:59:44

Jakarta, 3/7/2006 (Komisi Yudisial) – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, minta agar Komisi Yudisial mengevaluasi secara menyeluruh kinerja jajarannya, khususnya dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan lainnya.

Permintaan itu merupakan salah satu kesimpulan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR Akil Mochtar dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dengan jajaran Komisi Yudisial yang berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin,(3/7).

Selain itu, Komisi III DPR juga minta agar Komisi Yudisial dalam rangka menyusun rancangan peraturan tentang pedoman etika dan perilaku hakim hendaknya melakukan sosialisasi dan koordinasi secara maksimal dengan pihak terkait, sehingga tidak bertentangan dengan peraturan perundangan dan melanggar hak asasi manusia (HAM).

“Disamping itu, Komisi III DPR juga minta agar Komisi Yudisial menerbitkan laporan yang berisi penggunaan anggaran, data yang terkait dengan fungsi pengawasan dan data yang berkaitan dengan fungsi rekruitmen Hakim Agung, sebagai pertanggung jawaban kepada publik melalui DPR,” kata Akil.

Rapat dengar pendapat yang dihadiri oleh sekitar 50 anggota Komisi III DPR, dipimpin Wakil Ketua M. Akil Mochtar, mendengarkan penjelasan dari Ketua Komisi Yudisial M. Busyro Muqoddas, dan para Koordinator bidang di lingkungan Komisi Yudisial. (Tatang S)

No comments: